Masa Orientasi Peserta Didik Baru

Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB), sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru. Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya. 
Dalam kegiatan MOPDB tahun pelajaran 2015/2016 dilaksanakan pada tanggal 27, 28, 29 Juli 2015, MOPDB tahun ini berbeda dengan kegiatan MOPDB pada tahun tahun sebelumnya, dalam kegiatan MOPDB  semua wali murid siswa baru yaitu kelas (7) tujuh juga mengikuti jalannya kegiatan upacara pembukaan MOPDB. Kemudian dilanjutkan perkenalan semua guru SMPN 1 Maospati, diakhir kegiatan Upacara sebelum meninggalkan sekolah semua kepada wali murid berjabat tangan dengan guru dan karyawan SMPN 1 maospati.
MOPDB di SMP Negeri 1 Maospati dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOPDB juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.
Tujuan MOPDB di SMPN 1 Maospati diantaranya :
  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
  2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar